Minggu, 23 Januari 2011

LOMBA LINTAS WISATA ALAM KEBUT BUKIT SE-SUMATERA KOTA SUNGAI PENUH


RENCANA KEGIATAN
                                                        12 - 13 FEBRUARI 2011
  1. Nama Kegiatan

Adapun nama kegiatan ini adalah “Lomba Lintas Wisata Alam Kebut Bukit I Kota Sungai Penuh Se-Sumatera”

  1. Tema Kegiatan
            Adapun Tema kegiatan ini adalah “ Melatih Kemandirian serta Meningkatkan
            Kepedulian Generasi Muda Terhadap Alam dan Lingkungan “.
   
  C. Bentuk Kegiatan
         
        Adapun Bentuk kegiatan sebagai berikut :
-   Pembukaan di depan Gedung Nasional Kota Sungai penuh
-   Seusai pelepasan perdana, kegiatan dilanjutkan dengan menelusuri jalur yang telah didesain oleh panitia dalam kawasan sekitar perbukitan arah ke Ranah Kayu Embun atau Bukit Kayangan. Jalur dibuat melintasi tempat-tempat dengan pemandangan indah, juga medan yang membuat adrenalin peserta meningkat. Trek dibuat sepanjang kuran lebih 15 km melintasi perbukitan, menyusuri sungai dan perkebuan rakyat. Di sepanjang jalan peserta akan disuguhi pemandangan indah dari pesona Bukit Barisan. Dalam lintasan ini juga terdapat air terjun dengan ketinggian yang bervariasi dari ketinggian 5m sampai dengan ketingian 45 m. Dan kembali Ke Gedung Nasional melalui areal persawahan.
-   Cross Country ini dilaksanakan sebagai kompetisi ketahanan fisik peserta dan memfasilitasi penyaluran bakat peserta dalam out door sport. Peseta cross country akan menghadapi tantangan pada setiap pos yang akan dijadikan media penilaian bagi panitia untuk menentukan peserta yang akan mendapatkan hadiah tropi dan uang tunai. 
-   Penghijauan merupakan rangkaian acara dari Lomba Lintas Wisata Alam Kebut Bukit Kota Sungai Penuh I Se-Sumatera. Yang berbentuk penanaman di lokasi lahan kritis pada jalur perlombaan. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah erosi yang selalu terjadi pada lahan kritis. Selain untuk memeberikan pemahaman bahwa kelestarian dan harmoni alam perlu dijaga.
-   Kegiatan Sosial sebagai wujud rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa, maka sebagai penutup kegiatan ini, akan dilaksanakan pemasangan papan interpretasi dan slogan yang bersifat persuasif untuk menjaga kelestarian alam. Acara ini akan dilaksanakan satu bulan setelah terselenggaranya Lomba Lintas Wisata Alam Kebut Bukit I Kota Sungai Penuh Se-Sumatera.
-   Penutupan Di depan Gedung masional Kota Sungai Penuh

D. Peserta Kegiatan

Perwakilan Mahasiswa Pecinta Alam ( Mapala), Organisasi Pecinta Alam( OPA), Kelompok pecinta alam ( KPA ), Siswa Pecinta Alam ( Sispala), Taruna Siaga Bencana ( Tagana ), PMR/KSR, Pramuka, Instansi Pemerintahan, Karang Taruna dan Umum  yang berminat dan berdasarkan undangan .

A.     Hadiah

Dalam Lomba Lintas Wisata Alam Kebut Bukit Kota Sungai Penuh I Se-Sumatera ini memperebutkan :
-         Juara I Putra Piala Bergilir + Uang Tunai Rp 2.000.000-,
-         Juara II Putra Tropy + Uang Tunai Rp 1.500.000-,
-         Juara III Putra Tropy + Uang Tunai Rp 1.000.000-,

-         Juara I Putri Piala Bergilir + Uang Tunai Rp 2.000.000-,
-         Juara II Putri Tropy + Uang Tunai Rp 1.500.000-,
-         Juara III Putri Tropy + Uang Tunai Rp 1.000.000-,

MAKSIMAL 1 TEAM 5 ORANG MINIMAL 3 ORANG
BIAYA PENDAFTARAN 1 TEAM Rp 100.000
A.  Latar Belakang

Kehidupan manusia dibumi semakin terancam ,salah satunya akibat pemanasan global berjalan lebih cepat dari perkiraan. Kini sejumlah bahaya mengancam didepan mata jika kita tidak menyikapinya dengan baik maka dampak langsungnya akan kita rasakan segera.
Pemanasan global ( global warming ) adalah meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi akibat peningkatan jumlah emisi gas rumah kaca di atmosfer. Pemanasan global akan diikuti oleh perubahan iklim,seperti meningkatnya curah hujan dibeberapa belahan dunia sehingga menimbulkan banjir dan erosi.Sebagian dibelahan bumi lain akan mengalami musim kering yang berkepanjangan disebabkan kenaikan suhu.
Telah banyak terjadi kasus yang bisa kita saksikan dibelahan bumi ini sebagai efek negatif dari pemanasan global tersebut baik di luar negeri maupun di dalam negeri.Dampak yang diteliti oleh para ilmuwan telah memuat beberapa data dan prakiraan mengenai dampak pemanasan global terhadap cuaca,tinggi permukaan air laut,pantai,pertanian,kehidupan hewan lliar dan kesehatan manusia.
Pemanasan global tak mungkin dihentikan, namun kita masih dapat memperlambat lajunya dan mengembalikannya pada sebuah mekanisme yang wajar adalah suatu keharusan demi kelangsungan bumi yang kita cintai ini. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk membuktikan kepedulian kita mengendalikan pemanasan global tersebut yaitu mulai menanam pohon dan melaksanakan upaya-upaya  pelestarian alam dan  lingkungan.
.

B.  Tujuan
     
Ada beberapa tujuan yang hendak dicapai dalam pelaksanaan LLWA Kebut Bukit I Kota Sungai Penuh, yaitu :
1. Menjadi wadah interaksi bagi seluruh kalangan untuk mengenal,
    memasyarakatkan dan  mengembangkan olahraga alam.
2. Sebagai wadah penyaluran hobi dan minat generasi muda dalam outdoor sport.
3. Menanamkan jiwa sportifitas dan fairplay antar peserta.
4. Memupuk kepedulian generasi muda pada upaya pelestarian lingkungan.
5. Menunjukkan potensi keindahan dan pesona daerah wisata alam di kota Sungai
    Penuh khususnya di daerah pos Point.

  1. Dasar Pemikiran

Jelajah alam kini memiliki tempat istimewa di hati masyarakat, khususnya warga perkotaan. Rutinitas kerja dan lingkungan perkotaan yang terpolusi mendorong pencarian aktifitas yang mempu memberikan impuls positif. Interaksi dengan harmonisasi alam kemudian muncul sebagai solusi atas kejenuhan-kejenuhan yang timbul.
Tingginya minat masyarakat untuk berpetualang di alam terbuka harus dimediasi. Potensi ini perlu dikelola sehingga mampu memberikan penyegaran dan masukan positif untuk kembali beraktifitas sehari-hari. Serta tak lupa sebagai upaya menanamkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan bisa efektif melalui cara mendekatkan manusia kepada objeknya (alam).
Untuk itulah LLWA Kebut Bukit I Kota Sungai Penuh  hadir sebagai media untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan berolahraga di alam dan berinteraksi dengan alam. Selain itu, melalui acara ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat pada umumnya dan generasi muda pada khususnya terhadap upaya – upaya pelastarian alam dan lingkungan
Berdasarkan pemikiran diatas maka kami dari Sekretariat Bersama Pecinta Alam Kerinci, bermaksud mengadakan kegiatan Lomba Lintas Wisata Alam Kebut Bukit I Kota Sungai Penuh Se-Sumatera sebagai Wujud rasa kepedulian generasi muda dalam rangka menanamkan semangat cinta tanah air dan semangat melestarikan alam dan lingkungan melalui kegiatan ini.

  1. Dasar Kegiatan

Adapun Dasar Kegiatan ini adalah :
      1    Pancasila.
      2.   UUD 1945 Pasal 33.
      3.   Undang Undang Nomor 8 Tahun 1987 Tentang Organisasi Kemasyarakatan.
4.   Undang Undang Nomor 41 Tahun 1999 Tentang Kehutanan.
5.      Undang Undang Nomor 40 Tahun 2009Tentang Kepemudaan.
6.      Undang Undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan.
7.      Kode Etik Pecinta Alam Indonesia yang ditetapkan di ujung Pandang pada Forum Gladian Nasional IV Pada Tanggal 29 Januari 1974.
8.      Statuta Sekretariat Bersama Pecinta Alam Kerinci.
9.      Program Kerja jangka panjang Pengurus Harian Sekretariat Bersama Pecinta Alam Kerinci periode 2008 sampai dengan 2012.
10.  Hasil rapat koordinasi dengan perwakilan Kelompok Pecinta Alam. Mahasiswa Pecinta Alam, Siswa Pecinta Alam, Pecinta Alam Freelance se- Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh, tentang Lomba Lintas Wisata Alam Kebut Bukit Kota Sungai Penuh I Se-Sumatera.


1 komentar:

  1. salam lestari...
    admin saya mau tanya kalo dr bandara jambi menuju gunung kerinci naik transportasi apa ya...
    dimohon informasinya ya mas

    BalasHapus